Abstract:
Secara umum, penelitian ini adalah riset pengembangan model bermain kontruktif pada anak
usia dini. Tujuannya adalah mengembangkan model bermain konstruktif untuk meningkatkan
kemampuan visual spasial, dengan subjek 15 orang anak. Metode penelitian ini adalah
penelitian pengembangan (research and development). Pengumpulan data menggunakan teknik
wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan validasi
kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Model bermain konstruktif melalui
media balok bagi anak usia dini penting untuk dikembangkan, untuk membantu guru
mengembangkan kemampuan visual-spasial anak.; dan (2) Kemampuan visual-spasial anak
usia dini di TKIT Insan Madani, Kota Palopo, dapat dinyatakan meningkat dengan produk yang
dikembangkan valid dan praktis. Validasi yang dilakukan oleh dua validator menunjukkan
produk pengembangan kemampuan visual-spasial anak dengan perolehan nilai rata-rata
memenuhi kriteria kevalidan sedangkan dinyatakan praktis sebab komponen pembelajaran
yang dikembangkan dapat dilaksanakan di lapangan.
Kata Kunci: bermain balok; kemampuan visual spasial; anak usia dini