Abstract:
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui penjualan suku cadang pada Bengkel Jakarta Kecamatan
Sukamaju dipengaruhi oleh promosi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
promosi terhadap hasil penjualan pada Bengkel “ Jakarta “ Kecamatan Sukamaju.
Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari data biaya promosi dan
penjualan pada Bengkel Jakarta Kecamatan Sukamaju yang sekaligus dijadikan sampel penelitian. Analisis yang
digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi sederhana, dengan alat bantu SPSS 18.
Hasil penelitian ini menunjukkan Secara parsial variabel biaya promosi dari hasil perhitungan diperoleh
angka t hitung sebesar 14,237 > t tabel 12,706 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada hubungan linier
antara variabel biaya promosi terhadap penjualan, yaitu 0,998 atau 99,8% dianggap signifikan. Secara simultan
variabel biaya promosi berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan sebesar 203,714 dengan signifikansi
0,045. Hipotesis penelitiaan ini yang menduga bahwa promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
hasil penjualan Suku Cadang Pada Bengkel “ Jakarta “ Sukamaju adalah terbukti kebenarannya.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah secara parsial faktor biaya promosi berpengaruh terhadap
penjualan suku cadang pada Bengkel Jakarta Kecamatan Sukamaju, Diharapkan agar kiranya pimpinan Benkel
Jakarta Kecamatan Sukamaju terus memperhatikan faktor biaya promosi untuk lebih meningkatkan lagi penjualan
suku cadang, kiranya penelitian ini bisa dilanjutkan kembali dengan berfokus pada variabel yang belum diteliti.
Kata Kunci: Promosi dan Penjualan Suku Cadang.